ITIL V3 / V4 - ISO 20000 - COBIT - TOGAF

Perbandingan ITIL V3 / V4, ISO 20000, Cobit, Togaf

ISO 20000 memiliki banyak kesamaan dengan ITIL, ITIL adalah singkatan dari “Information Technology Infrastructure Library” yang memuat seperangkat praktik untuk manajemen layanan TI. 

Perbedaan penting antara ISO 20000 dan ITIL adalah bahwa : 

• ISO 20000 memberikan sertifikat untuk sebuah perusahaan, ISO 20000 memiliki delapan bagian tetapi hanya ISO 20000-1 yang bisa disertifikasi. 

• Sedangkan ITIL memberikan sertifikat kepada individu. 

Keduanya, baik ISO 20000 dan ITIL dapat membantu kita untuk mengelola layanan TI melalui kerangka atau kode praktek. Oleh karena itu, bagian yang paling penting dari ISO adalah: ISO 20000-1 “Persyaratan Sistem Manajemen Service”, dan ISO 20000-2 “Pedoman Penerapan Sistem Manajemen Pelayanan”. Tinjauan tentang ITIL ITIL telah datang cukup jauh dari versi V2 sebelumnya di mana ITIL hanya memiliki 10 proses dan satu fungsi. Dalam versi saat ini, ITIL didasarkan pada lima volume yang mewakili lima tahapan siklus layanan yang membahas 26 proses dan empat fungsi.

Tinjauan tentang ITIL

ITIL telah datang cukup jauh dari versi V2 sebelumnya di mana ITIL hanya memiliki 10 proses dan satu fungsi. Dalam versi saat ini, ITIL didasarkan pada lima volume yang mewakili lima tahapan siklus layanan yang membahas 26 proses dan empat fungsi.



ISO 20000 ISO / IEC 20000 2011 membahas beberapa perubahan dalam ITIL 2011 dan juga mematuhi normanorma ISO tetangga lainnya. Ini memotivasi banyak organisasi Layanan TI untuk mempertimbangkan ISO 20000 sebagai alat peningkatan manajemen layanan. Berikut ini adalah diagram skematik cepat dari proses ISO / IEC 20000: 



Bagaimana ITIL dan ISO 20000 saling berhubungan? 

ISO / IEC 20000 memberikan persyaratan ketat terkait (APA) dan kode praktik sederhana (BAGAIMANA). Hal ini kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh pengalaman ITIL dan kerangka kerja praktik terbaik sebagai panduan terperinci tentang proses dan fungsi. Pada dasarnya ini adalah prosedur dasar perusahaan dari bisnis inti dan standar / metodologi yang diimplementasikan lainnya (ISO, PMI …) 



Keduanya berasal dari tempat yang sama dan mengalami pembaruan pada tahun 2011. Seberapa baik mereka bersama dan bagaimana perkembangan setelah mereka terpisah? Singkatnya, ISO 2000 berasal dari ITIL V2, dan tidak berkembang banyak dalam volume, tetapi memiliki persyaratan yang menjadi jauh lebih realistis. Di sisi lain, ITIL meningkat hampir dua kali lipat dalam V3. Organisasi Layanan TI dapat menggunakan ITIL untuk mengimplementasikan proses ITSM sesuai dengan praktik terbaik, dan ISO 20000 dapat digunakan untuk implementasi dan pengukuran proses penting. 

COBIT 

COBIT framework -kependekan dari Control Objectives for Information and Related Technology)- dibuat oleh IT Governance Institute and the Information Systems Audit and Control Association (ISACA). COBIT dibuat untuk membantu organisasi-organisasi dalam pembuatan, mengendalikan, dan pemeliharaan tata kelola IT dan praktik manajemen. Pada versi 5, model pengendalian COBIT digunakan oleh manajer bisnis proses TI dan pemegang saham untuk memastikan kualitas, pengendalian, dan keandalan SI dalam suatu organisasi. 

TOGAF

TOGAF (kependekan: The Open Group Architecture Framework) adalahframework yang paling populer untuk arsitektur perusahaan. TOGAF menyediakan berbagai metodologi dan alat pembantu untuk mengorganisasikan dan mengelola teknologi, memastikan bahwa projek akan mencapai tujuan bisnis melalui proses berulang yang sistematis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FLOWCHART

FLOWCHART & DATA FLOW DIAGRAM