FLOWCHART & DATA FLOW DIAGRAM

Flowchart Program Pendaftaran Mahasiswa Baru


Flowchart Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru




DATA FLOW DIAGRAM (DFD)

Beberapa Pengertian / Definisi tentang Data Flow Diagram :

  1. Suatu Diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, terstruktur dan jelas. Diagram ini digunakan sebagai alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan proses kerja suatu sistem.
  2. Merupakan suatu cara atau metode untuk membuat rancangan sebuah sistem yang mana berorientasi pada alur data yang bergerak pada sebuah sistem nantinya.
  3. Sebuah model tampilan visual yang menggambarkan aliran data atau informasi dalam sebuah sistem.

Beberapa Fungsi dari Data Flow Diagram :

  • Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi.
  • Data Flow Diagram ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
  • Data Flow Diagram ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.

Simbol-Simbol yang ada dalam DFD :


Terdapat 2 Versi Simbol Notasi DFD



Data Flow Diagram Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

FLOWCHART

ITIL V3 / V4 - ISO 20000 - COBIT - TOGAF