Rekayasa Perangkat Lunak
• Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering •
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak , merupakan salah satu bidang studi, dimana membahas tentang Pengembangan (Develop) ataupun Membangun (Build) sebuah prorgram / aplikasi, dimana itu bertujuan untuk membantu pengguna / user dalam hal Peng-coding-an, Pemeliharaan, dan Kualitas dari Aplikasi itu sendiri. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) seringnya berhubungan dengan segala sesuatu yang ber-sifat komputerisasi, dimana memiliki 3 aspek utama, yaitu : Input (Masukan), Process, dan Output (Keluaran).
Contoh dari tiap-tiap aspek dalam komputerisasi :
Contoh dari tiap-tiap aspek dalam komputerisasi :
- Input : Mouse, Keyboard, Scanner, Webcam.
- Process : RAM, Processor/CPU.
- Output : Monitor, Speaker, Printer.
- Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability).
- Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability).
- Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust).
- Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
- Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).
Sejarah Singkat Rekayasa Perangkat Lunak
- 1950an - 1960an
- Generasi awal interpreter dan bahasa macro
- Generasi pertama compiler
- Generasi kedua compiler
- Komputer mainframe mulai dikomersialkan
- Pengembangan perangkat lunak pesanan
- Konsep Software Engineering mulai digunakan
- 1970an
- Perangkat pengembang perangkat lunak
- Perangkat minicomputer komersial
- 1980an – 1990an
- Perangkat Komputer Personal (PC) komersial
- Agile Process dan Extreme Programming
- Peningkatan drastis kapasitas memori
- Peningkatan penggunaan internet
- 2000an
- Platform interpreter modern (Java, .Net, PHP, dll)
- Outsourcing
- Berbasis Android
Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Secara garis besar, tujuan dari Rekayasa Perangkat Lunak adalah sebagai berikut :
- Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal serta tepat waktu.
- Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
- Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatan rendah.
- Menghasilkan perangkat lunak yang bisa bekerja di berbagai jenis platform.
Komentar
Posting Komentar