Rekayasa Perangkat Lunak

• Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering •




Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak , merupakan salah satu bidang studi, dimana membahas tentang Pengembangan (Develop) ataupun Membangun (Build) sebuah prorgram / aplikasi, dimana itu bertujuan untuk membantu pengguna / user dalam hal Peng-coding-an, Pemeliharaan, dan Kualitas dari Aplikasi itu sendiri. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) seringnya berhubungan dengan segala sesuatu yang ber-sifat komputerisasi, dimana memiliki 3 aspek utama, yaitu : Input (Masukan), Process, dan Output (Keluaran).


Contoh dari tiap-tiap aspek dalam komputerisasi :
  • Input : Mouse, Keyboard, Scanner, Webcam.
  • Process : RAM, Processor/CPU.
  • Output : Monitor, Speaker, Printer.
Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
  • Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability).
  • Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability).
  • Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust).
  • Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
  • Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).


Sejarah Singkat Rekayasa Perangkat Lunak 





  • 1950an - 1960an
  1. Generasi awal interpreter dan bahasa macro
  2. Generasi pertama compiler
  3. Generasi kedua compiler
  4. Komputer mainframe mulai dikomersialkan
  5. Pengembangan perangkat lunak pesanan
  6. Konsep Software Engineering mulai digunakan

  • 1970an
  1. Perangkat pengembang perangkat lunak
  2. Perangkat minicomputer komersial

  • 1980an – 1990an
  1. Perangkat Komputer Personal (PC) komersial
  2. Agile Process dan Extreme Programming
  3. Peningkatan drastis kapasitas memori
  4. Peningkatan penggunaan internet

  • 2000an
  1. Platform interpreter modern (Java, .Net, PHP, dll)
  2. Outsourcing
  3. Berbasis Android

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Secara garis besar, tujuan dari Rekayasa Perangkat Lunak adalah sebagai berikut :
  • Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal serta tepat waktu.
  • Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatan rendah.
  • Menghasilkan perangkat lunak yang bisa bekerja di berbagai jenis platform.

RPL Dan Disiplin Ilmu Komputer 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

FLOWCHART

FLOWCHART & DATA FLOW DIAGRAM

ITIL V3 / V4 - ISO 20000 - COBIT - TOGAF